Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN HEWAN TERNAK KAMBING JAWARANDU DI PASAR WAGE, KECAMATAN BUMIAYU, KABUPATEN BREBES

FAHRUDIN, Irfan Safii (2023) PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN HEWAN TERNAK KAMBING JAWARANDU DI PASAR WAGE, KECAMATAN BUMIAYU, KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
Ringkasan_Irfan Safii Fahrudin_ 42219010_Skripsi_2023.docx - Published Version

Download (16kB)
[img] PDF (COVER)
COVER_Irfan Safii Fahrudin_ 42219010_Skripsi_2023.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] PDF (BAB I)
Bab I_Irfan Safii Fahrudin_ 42219010_Skripsi_2023.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] PDF (BAB II)
Bab II_Irfan Safii Fahrudin_ 42219010_Skripsi_2023.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab III_Irfan Safii Fahrudin_ 42219010_Skripsi_2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab IV_Irfan Safii Fahrudin_ 42219010_Skripsi_2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab V_Irfan Safii Fahrudin_ 42219010_Skripsi_2023.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Irfan Safii Fahrudin_ 42219010_Skripsi_2023.pdf - Published Version

Download (171kB)

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, yang artinya adalah suatu negara bergantung pada sektor pertanian. Sub sektor peternakan merupakan salah satu sub sektor pertanian yg turut berkontribusi dalam perekonomian Indonesia. Komoditas sub sektor perternakan yang cukup populer yakni kambing Jawarandu. Menurut data BPS Kabupaten Brebes, terdapat sebanyak 176.762 ekor kambing Jawarandu di Kabupaten Brebes pada tahun 2020. Teori perilaku konsumen atau consumer behavior  adalah studi tentang seseorang dengan bagaimana memilih dan menggunakan produk dengan menganalisis faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis sebagai indikatornya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian kambing Jawarandu di Pasar Wage Bumiayu Kabupaten Brebes baik secara simultan maupun parsial. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi statistik SPSS v24. Pengambilan daerah penelitian dilakukan secara sengaja karena Pasar Wage Bumiayu satu – satunya pasar hewan terbesar di Kabupaten Brebes. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan Juli 2023. Sampel pada penelitian ini 32 orang konsumen kambing Jawarandu. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan non probability sampling dengan metode accidental sampling. Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi variabel independen (faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis) dan dependen (keputusan pembelian). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kambing Jawarandu di Pasar Wage Bumiayu dikarenakan manusia (konsumen) di Pasar Wage Bumiayu sebagai mahkluk sosial yang kompleks dipengaruhi oleh berbagai aspek dalam lingkungan dan kepribadian mereka sehingga dapat mempengaruhi dalam keputusan pembelian kambing Jawarandu. Hasil uji parsial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kambing Jawarandu di Pasar Wage Bumiayu. Faktor budaya mempengaruhi keputusan pembelian kambing Jawarandu karena masyarakat Kabupaten Brebes memiliki budaya berternak kambing, lingkungan geografis yang mendukung peternakan, dan kelas sosial yang sama. Interaksi sosial juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen karena keluarga, kerabat, dan kelompok sosial lainnya memberikan pengaruh kepada orang lain untuk merekomendasikan kambing Jawarandu karena mempunyai nilai bisnis yang menguntungkan. Faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena proses pengambilan keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh faktor psikologis individu seperti persepsi, motivasi, sikap, dan kepribadian sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Akan tetapi, faktor pribadi yang mencakup usia, jenis kelamin, pekerjaan dan pendapatan ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena dari aspek – aspek tersebut dinilai tidak berpengaruh dengan kemampuan seseorang untuk membeli atau memelihara kambing Jawarandu di Pasar Wage Bumiayu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKHATIMAH, KhusnulNIDN0627029101
Thesis advisorKIRANA, IntanNIDN0613099101
Subjects: 600 Technology dan Ilmu Terapan > 650 Bisnis, Manajemen & Public Relation > 658 Manajemen Umum > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen, Psikologi Konsumen, Kepuasan Konsumen
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Agribisnis - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:55
Last Modified: 06 Dec 2023 02:55
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item View Item