Astarini, Mey Lanny Gesti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MATERI PERISTIWA ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI TIPAR KIDUL 03 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213070_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (733kB) |
|
Text
40213070_Bab1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (105kB) |
|
Text
40213070_Bab2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (271kB) |
|
Text
40213070_Bab3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (341kB) |
|
Text
40213070_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (351kB) |
|
Text
40213070_Bab5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (87kB) |
|
Text
4021070_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (163kB) |
|
Text
40213070_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA pada siswa kelas V yang rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar kognitif IPA materi peristiwa alam siswa kelas V SD Negeri Tiparkidul 03 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental Designs. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Tiparkidul 03. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test. Teknik analisis data menggunakan langkah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar kognitif IPA, hal tersebut dibuktikan dengan nilai postest lebih besar dari pretest 73,21 > 56,54. Dan juga menggunakan regresi linier sederhana (R2) sebesar 0,58 yang memiliki arti bahwa model pembelajaran Circuit Learning memiliki pengaruh sebesar 58%, dan sisanya sebesar 42% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Circuit Learning, Hasil Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 10:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 10:23 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/192 |
Actions (login required)
View Item |