Lestari, Lestari (2017) HAMBATAN GURU DALAM IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2013 SD NEGERI KALIERANG 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213021_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40213021_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (27kB) |
|
Text
40213021_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (114kB) |
|
Text
40213021_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (27kB) |
|
Text
40213021_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (81kB) |
|
Text
40213021_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (16kB) |
|
Text
40213021_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan kurikulum yang tentu mengubah sistem penilaian yang berlaku. Karena perubahan tersebutlah guru mengalami kesulitan atau hambatan dalam penerapannya, dalam penilaian kurikulum 2013 berbeda dengan penilaian pada kurikulum yang sebelumnya. Penelitian ini difokuskan pada Hambatan Guru Dalam Implementasi Sistem Penilaian Kurikulum 2013 SD Negeri Kalierang 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apa hambatan guru dalam implementasi sistem penilaian kurikulum 2013 SD Negeri Kalierang 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh guru dalam implementasi sistem penilaian kurikulum 2013 SD Negeri Kalierang 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru mengalami hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal yang dialami adalah pengetahuan dan penguasaan penilaian kurikulum 2013 yang masih kurang, kesulitan memanajemen waktu, keterampilan atau pengoprasian komputer yang masih kurang. Hambatan eksternal yang dialami oleh guru adalah hambatan yang berasal dari luar guru yaitu waktu penilaian yang masih kurang, jumlah siswa yang banyak, sarana dan prasarana yang masih kurang memadai, serta banyaknya penilaian yang harus dilakukan oleh setiap guru pada setiap individu peserta didik Saran untuk guru untuk dapat mengikuti kegiatan seminar atau kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam melaksanakan penilaian kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hambatan Penilaian, Kurikulum 2013 | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 10:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 11:45 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/201 |
Actions (login required)
View Item |