Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU DI SD NEGERI KALILANGKAP 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ristiani, Sri (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU DI SD NEGERI KALILANGKAP 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213079_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (1MB)
[img] Text
40213079_Bab1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (34kB)
[img] Text
40213079_Bab2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (87kB)
[img] Text
40213079_Bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (97kB)
[img] Text
40213079_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (135kB)
[img] Text
40213079_Bab5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (21kB)
[img] Text
40213079_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (19kB)
[img] Text
40213079_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (5MB)
[img] Text
40213079_Artikel.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (63kB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas IV SD Negeri Kalilangkap 01 mengatakan bahwa siswa kelas IV memiliki ketuntasan belajar yang rendah pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema tempat tinggalku di SD Negeri Kalilangkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 16 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Validasi instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalilangkap 01 dengan persamaan regresi yaitu Ŷ = 37,231 + 0,625 X. Besarnya pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalilangkap 01 dengan nilai R Square sebesar 55,3 % dan 44,7 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEffendi, S.Si., M.Pd., NurUNSPECIFIED
ExaminerWaluyo, M.Pd, AminUNSPECIFIED
ExaminerWinarto, M.Pd., WinartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Quantum Teaching, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Editor Repository
Date Deposited: 25 Jul 2017 10:47
Last Modified: 25 Jul 2017 14:15
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item