Khasanah, Fauziah Khudrotul (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN SIRKUIT MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI BANGUN DATAR KELAS VII. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40313015_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40313015_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (58kB) |
|
Text
40313015_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (382kB) |
|
Text
40313015_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (363kB) |
|
Text
40313015_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (414kB) |
|
Text
40313015_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (21kB) |
|
Text
40313015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (29kB) |
|
Text
40313015_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pemebelajaran Brain Based Learning berbantuan Sirkuit Matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun datar segi empat. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampauan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VII C dan kelas kontrol VII B yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui 72 dengan proporsi siswa yang tuntas 92%. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 80,22 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 62,3. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = -22,053 + 1,318X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebasar 75,2 %. Karena memenuhi ketiga kriteria keeefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Sirkuit Matematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Brain Based Learning, Aktivitas Siswa, Sirkuit Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 14:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 14:35 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/207 |
Actions (login required)
View Item |