Yusanti, Indah (2017) EFEKTIVITAS MODEL SAVI(SOMATIC, AUDITORY, VISUALISATION, AUDITORY, INTELECTUALLY) BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40313019_HALAMAN_ JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (584kB) |
|
Text
40313019_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (108kB) |
|
Text
40313019_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (292kB) |
|
Text
40313019_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (206kB) |
|
Text
40313019_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (236kB) |
|
Text
40313019_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (11kB) |
|
Text
40313019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (143kB) |
|
Text
40313019_ARTIKEL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (35kB) |
|
Text
40313019_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (4MB) |
Abstract
Hasil wawancara dengan guru matematika kelas VII SMP Negeri 2 Tonjong tahun pelajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional siswa masih rendah. Hal ini mempengaruhi rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model SAVI bermuatan etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui rata-rata kecerdasan emosional siswa. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan dalam menjawab angket kecerdasan emosional siswa yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tonjong tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Teknik analisis datanya dengan analisis data awal, analisis soal uji coba, dan analisis data akhir. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kecerdasan emosional siswa melampaui rentang kecerdasan emosional siswa kelas eksperimen yaitu 64,8, lebih baik dari pada nilai rata-rata kecerdasan emosional siswa kelas control yaitu 55,4. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = 0.23,868 + 0.598x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 68%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model SAVI bermuatan etnomatematika efektif terhadap kecerdasan emosional siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Somatic, Auditory, Visualisation, Intelectually, SAVI, Etnomatematika, Kecerdasan Emosional Siswa | ||||||||||||
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2017 12:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2017 12:28 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/217 |
Actions (login required)
View Item |