Nurhidayati, Linda (2017) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DASAR IPA KELAS V POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SD NEGERI MAYANA 02 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213022_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (813kB) |
||
Text
40213022_BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (113kB) |
||
Text
40213022_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (150kB) |
||
Text
40213022_BAB 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (180kB) |
||
Text
40213022_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (214kB) |
||
|
Text
40213022_BAB 5.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
40213022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (49kB) |
||
Text
40213022_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (6MB) |
||
Text
40213022_ARTIKEL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (93kB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan proses dasar IPA siswa kelas V SDN Mayana 02 tahun pelajaran 2016/2017. Hampir seluruh siswa masih kurang menguasai keterampilan mengamati, menginferensi dan mengkomunikasi. Keterampilan proses dasar sangat penting dalam pembelajaran IPA, karena IPA memiliki 3 komponen utama yaitu proses, produk dan sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E terhadap keterampilan proses dasar IPA kelas V pokok bahasan ekosistem di SDN Mayana 02 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Mayana 02 tahun pelajaran 2016/2017. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan proses dasar IPA yang terdiri dari keterampilan mengamati, klasifikasi, inferensi, prediksi dan komunikasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi melalui aktivitas siswa dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model learning cycle 5E mempengaruhi secara signifikan terhadap keterampilan proses dasar IPA dengan nilai Fhitung = 17,606 > Ftabel = 5,12 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model learning cycle 5E terhadap keterampilan proses dasar IPA kelas V pokok bahasan ekosistem di SDN Mayana 02.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | IPA, Model Pembelajaran, Learning cycle 5E, Keterampilan proses dasar | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2017 14:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2017 14:58 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/224 |
Actions (login required)
View Item |