Faoziyah, Faoziyah (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTU ALAT PERAGA LINGKARAN SISI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40313013_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40313013_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (64kB) |
|
Text
40313013_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (88kB) |
|
Text
40313013_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (202kB) |
|
Text
40313013_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (210kB) |
|
Text
40313013_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (12kB) |
|
Text
40313013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (21kB) |
|
Text
40313013_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model reciprocal teaching berbantu alat peraga lingkaran sisi terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi lingkaran. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa, perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII D dan kelas kontrol VIII E yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa melampaui 72 dengan proporsi siswa yang tuntas 85,29%. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 77,35 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol yaitu 69,55. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi 14,128 + 0,861x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 75,3%. Karena memenuhi ketiga kriteria keeefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teaching berbantu alat peraga lingkaran sisi efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Reciprocal Teaching, Aktivitas, Lingkaran Sisi, Kemampuan Komunikasi Matematis | |||||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | |||||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | |||||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | |||||||||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2017 14:07 | |||||||||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2017 14:07 | |||||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/234 |
Actions (login required)
View Item |