Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERAN AYAH SEBAGAI KEPALA KELUARGA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Ayah Peserta Didik Kelas IV SD N 1 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga)

Winarsih, Retno (2017) PERAN AYAH SEBAGAI KEPALA KELUARGA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Ayah Peserta Didik Kelas IV SD N 1 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213123_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (516kB)
[img] Text
40213123_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (32kB)
[img] Text
40213123_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (80kB)
[img] Text
40213123_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (31kB)
[img] Text
40213123_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (332kB)
[img] Text
40213123_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (16kB)
[img] Text
40213123_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (22kB)
[img] Text
40213123_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (882kB)
[img] Text
40213123_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat belajar peserta didik, peserta didik yang pasif pada saat kegiatan belajar sedang berlangsung dan keprihatinan guru terhadap perilaku peserta didik yang tidak disiplin, untuk itu dibutuhkan peran ayah dalam meningkatkan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran ayah sebagai kepala keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di SD N 1 Tamansari menunjukan bahwa peserta didik tinggal bersama kedua orangtua mereka, tetapi peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah. Ayah di sekolah dasar tersebut belum mampu menjalankan perannya sebagai orangtua karena sibuk bekerja dan kurangnya kesadaran terhadap pendidikan anak. Mereka belum menjadi teman bagi anak, melatih disiplin, mengajarkan mandiri dan tanggung jawab, membantu menyelesaikan masalah, mendorong percaya diri anak, dan tempat mencurahkan isi hati. Namun peran ayah sebagai pemberi kebutuhan finansial anak, pemberi kasih sayang dan pemberi contoh teladan yang baik, sudah terlaksana dengan baik sehingga peserta didik sudah memiliki sikap baik, perduli, religius namun malas belajar, kurang disiplin, kurang mandiri dan tidak bertanggung jawab. Motivasi belajar yang dimiliki peserta didik di SD N 1 Tamansari termasuk rendah. Hal ini dibuktikan melalui perilaku yang ditunjukkan peserta didik yang tidak mencerminkan motivasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZen, S.Fil.I.,M.Pd.I., Ahmad RifaiUNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusholeh, M.Pd., UjangUNSPECIFIED
ExaminerSuprapto, M.Pd., YuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: peran ayah, motivasi belajar, peserta didik sekolah dasar
Subjects: 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 158 Psikologi Terapan > Psikologi Keluarga, Hubungan Individu dengan Anggota Keluarga
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 19 Aug 2017 14:06
Last Modified: 19 Aug 2017 14:06
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item