Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA TEMA 8 SUB TEMA 3 SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LUMBIR TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Rosmaningrum, Veviana (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA TEMA 8 SUB TEMA 3 SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LUMBIR TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213132_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (1MB)
[img] Text
40213132_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (458kB)
[img] Text
40213132_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (563kB)
[img] Text
40213132_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (619kB)
[img] Text
40213132_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (611kB)
[img] Text
40213132_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (397kB)
[img] Text
40213132_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (336kB)
[img] Text
40213132_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ada dikelas IV SD Negeri 1 Lumbir kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas yang menunjukan bahwa Prestasi belajar pada tema yang memuat materi IPA masih belum tuntas. Sehingga peneliti akan melakukan penelitian eksperimen dengan model pembelajaran card sort. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran card sort terhadap prestasi belajar IPA tema 8 sub tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Lumbir tahun pelajaran 2016/ 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran card sort terhadap prestasi belajar IPA tema 8 sub tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Lumbir tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah pre-experimental dengan bentuk design one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran card sort terhadap prestasi belajar IPA tema 8 sub tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Lumbir sebesar 0,566 Artinya ada pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 56,60% dengan signifikasnsi 0,0001 < 0,05. Sisanya 43,40 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh model pembelajaran card sort terhadap prestasi belajar IPA tema 8 sub tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Lumbir tahun pelajaran 2016/ 2017.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYusufi, M. Pd., AdnanUNSPECIFIED
ExaminerMukrodin, M.Kom., MukrodinUNSPECIFIED
ExaminerUripah, M.Pd., UripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Card Sort, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 24 Aug 2017 13:00
Last Modified: 24 Aug 2017 13:00
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item