Tyas, Presty Trianita Indartining (2017) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI JATISARI 05 KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212165_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40212165_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (38kB) |
|
Text
40212165_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (67kB) |
|
Text
40212165_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (43kB) |
|
Text
40212165_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (107kB) |
|
Text
40212165_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (11kB) |
|
Text
40212165_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (15kB) |
|
Text
40212165_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar, Siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPS karena peserta didik hanya mendengarkan tanpa terlibat langsung dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode mind mapping terhadap motivasi belajar IPS kelas V SD Negeri Jatisari 05 kecamatan Kedungreja kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, dalam bentuk pre-eksperintal design dengan menggunakan desain penelitian one group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V. Pengambilan datanya menggunakan lembar observasi yang berupa lembar observasi, sedangkan teknik analisis menggunakan uji normalitas uji t dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa sebesar 81,7% artinya antara penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap motivasi belajar, dengan nilai thitung sebesar 12.933 sedangkan besaran nilai regresi 0,817 hal ini mengandung arti bahwa penggunaan metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa meningkat 81,7% dan 18,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Mind Mapping, Motivasi Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2017 13:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2017 13:00 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/251 |
Actions (login required)
View Item |