Widiana, Ega Arista (2017) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI PAGOJENGAN 02 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213008_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2019. Download (1MB) |
|
Text
40213008_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2019. Download (34kB) |
|
Text
40213008_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (75kB) |
|
Text
40213008_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (51kB) |
|
Text
40213008_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (81kB) |
|
Text
40213008_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (16kB) |
|
Text
40213008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (21kB) |
|
Text
40213008_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa, maka menjadi pendorong peneliti untuk menerapkan metode diskusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Pagojengan 02 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan pre-experimental design, bentuknya One-Shot Case Study. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pagojengan 02 sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh sehingga jumlah populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: terdapat pengaruh metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Pagojengan 02 tahun pelajaran 2016/2017. Besarnya pengaruh yaitu 60,4% dengan menggunakan metode diskusi, sedangkan sisanya sebesar 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel metode diskusi, oleh karena itu dapat disimpulkan, metode diskusi berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Metode Diskusi, Keterampilan Berbicara | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa, Story Telling, Bercerita, Berbicara |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2017 13:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2017 13:52 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/255 |
Actions (login required)
View Item |