Janah, Roikhatul (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI AL BAROKAH KRETEK KECAMATAN PAGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212076_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2020. Download (2MB) |
|
Text
40212076_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2020. Download (238kB) |
|
Text
40212076_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (266kB) |
|
Text
40212076_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (253kB) |
|
Text
40212076_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (225kB) |
|
Text
40212076_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (49kB) |
|
Text
40212076_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (8kB) |
|
Text
40212076_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kejadian yang ada di kelas IIIMI Al Barokah Kretek Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika pada materi operasi hitung siswa kelas IIIMI Al Barokah Kretek Kecamatan Paguyangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran active learning tipe card sort terhadap hasil belajar siswa kelas III. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif.Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III MI Al Barokah Kretek tahun pelajaran 2016/2017. Obyek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang terdiri dari kategori pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning tipe card sort pada pembelajaran matematika adanya peningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya hasil angket sebelum dilakukan penelitian dari 19 siswa hanya 10 siswa yang memenuhi KKM setelah dilaksanakan penelitian adanya pengaruh pada pembelajaran siswa yang menjadikan 19 siswa yang memenuhi KKM. Pada sebelum penelitian rata-rata hasil belajar siswa sebesar 33,81 dan meningkat sebesar 57,00 pada pengaruh model pembelajaran active learning tipe card sort menjadi 90,81 diatas KKM.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Active learning,Card sort, Hasil, Belajar, Matematika | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Aritmatika, Hitung Cepat, Logaritma |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2017 11:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2017 11:55 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/279 |
Actions (login required)
View Item |