Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN RME ( REALISTIS MATHEMATICS EDUCATION )

Masruhan, Adib (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN RME ( REALISTIS MATHEMATICS EDUCATION ). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313001_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2019.

Download (1MB)
[img] Text
40313001_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2019.

Download (460kB)
[img] Text
40313001_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2019.

Download (346kB)
[img] Text
40313001_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2019.

Download (650kB)
[img] Text
40313001_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2019.

Download (651kB)
[img] Text
40313001_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2019.

Download (95kB)
[img] Text
40313001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2019.

Download (372kB)
[img] Text
40313001_ARTIKEL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2019.

Download (71kB)
[img] Text
40313001_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2019.

Download (6MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VIII MTS Negeri Bantarkawung adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian menggunakan model Reciprocal Teaching dan Model RME untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar model Reciprocal teaching dan model RME terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil belajar dilihat dari tingkat ketuntasan kognitif siswa dalam kemampuan komunikasi matematis siswa, perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Negeri Bantarkawung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji anava dan uji komparasi ganda Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen reciprocal teaching adalah 78,20 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen RME yaitu 76,06 dan kelas kontrol yaitu 68.73. Uji anava diperoleh fhitung sebesar 4.56 dan ftabel sebesar 3,09 maka Fhitung>Ftabel. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunakan model reciprocal teaching, RME dan konvensional mempunyai rata-rata yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAkhyar, S.Si., M.Pd, M. KhoirilUNSPECIFIED
ExaminerAristiyo, S.Si., M.Pd., Dedi NurUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Reciprocal Teaching, Model RME, Kemampuan Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 04 Apr 2018 14:44
Last Modified: 04 Apr 2018 14:44
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item