Arifudin, Agung Nurul Iman (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN MATHEMATICS MODULE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40313002_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2019. Download (968kB) |
|
Text
40313002_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2019. Download (376kB) |
|
Text
40313002_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2019. Download (339kB) |
|
Text
40313002_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2019. Download (415kB) |
|
Text
40313002_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2019. Download (555kB) |
|
Text
40313002_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2019. Download (90kB) |
|
Text
40313002_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2019. Download (150kB) |
|
Text
40313002_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2019. Download (13MB) |
|
Text
40313002_ARTIKEL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 April 2019. Download (343kB) |
Abstract
Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Bustanul Ulum Paguyangan adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan ketrampilan proses belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian menggunakan Model Means Ends Analysis (MEA) Berbantuan Mathematics Module untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan ketrampilan proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Means Ends Analysis (MEA) Berbantuan Mathematics Module terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh ketrampilan proses belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bustanul Ulum Paguyangan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana dengan SPSS. 16.0. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melampaui 74 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 78,62 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 64,20. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif ketrampilan proses belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 58,7%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan Model Means Ends Analysis (MEA) Berbantuan Mathematics Module efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Effectiveness, Means Ends Analysis (MEA) Model by assisted Mathematics Module, the Ability of Problem solving | |||||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
|||||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | |||||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | |||||||||||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2018 14:44 | |||||||||||||||
Last Modified: | 04 Apr 2018 14:44 | |||||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/290 |
Actions (login required)
View Item |