Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS METODE IMPROVE BERBANTUAN "CABRI 3D" TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI METEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII

Amrissalam, Muhammad (2017) EFEKTIVITAS METODE IMPROVE BERBANTUAN "CABRI 3D" TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI METEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313023_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (573kB)
[img] Text
40313023_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (381kB)
[img] Text
40313023_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (186kB)
[img] Text
40313023_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (470kB)
[img] Text
40313023_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (510kB)
[img] Text
40313023_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (86kB)
[img] Text
40313023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (88kB)
[img] Text
40313023_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (3MB)
[img] Text
40313023_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (332kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika yang dilakukan saat ini masih belum mencapai hasil yang maksimal untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penggunaan metode pembelajaran IMPROVE berbantuan Cabri 3D merupakan salah satu upaya alternatif yang dapat memaksimalkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Popuasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 02 Bumiayu tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kontrol keduanya terdiri dari 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata dan proporsi, uji beda rata-rata, dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Persentase ketuntasan belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Persentase ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen adalah 88,24% dengan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis mencapai 83,71 sedangkan pada kelas kontrol ketuntasan belajar yang dicapai adalah 70,59% dengan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis 79,32. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode IMPROVE berbantuan Cabri 3D efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang. Saran dalam penelitian ini adalah metode IMPROVE berbantuan Cabri 3D dapat digunkan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAristiyo, S.Si. M.Pd., Dedi NurUNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusoleh, S.Pd.I.,M.Pd., UjangUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerAmalia, S.Si., M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode IMPROVE, Kemampuan Komunikasi Matematis, Cabri 3D.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 07 Apr 2018 13:57
Last Modified: 07 Apr 2018 13:57
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item