Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP

Ifhani, Elfika (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40311005_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (169kB)
[img] Text
40311005_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (66kB)
[img] Text
40311005_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (115kB)
[img] Text
40311005_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 July 2021.

Download (589kB)
[img] Text
40311005_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 July 2021.

Download (291kB)
[img] Text
40311005_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (8kB)
[img] Text
40311005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (25kB)
[img] Text
40311005_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 July 2021.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) secara klasikal dengan penggunaan model pembelajaran double loop problem solving, mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan model pembelajaran double loop problem solving lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan model pembelajaran konvensional, serta mengetahui peningkatan kedisiplinan peserta didik kelas eksperimen. Permasalahan penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang belum berhasil dalam proses pembelajaran, guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat, model pembelajaran yang kurang bervariasi, kemampuan berpikir kreatif peserta didik rendah, dan kedisiplinan peserta didik kurang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Sebelum diberi perlakuan pembelajaran, pada kedua kelompok terlebih dahulu dilakukan analisis data awal. Analisis data awal yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan Chi-Kuadrat, dan uji homogenitas dengan menggunakan uji-F. Analisis data akhir yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan uji-t, uji ketuntasan belajar klasikal statistik z, dan uji beda rata-rata dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan analisis data akhir, bahwa secara klasikal ketuntasan belajar kelompok eksperimen mencapai 87,5%. Dan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung: 0,3381 ≥t_tabel:0,0630 sehingga Ho ditolak, artinya rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis materi bangun ruang sisi datar peserta didik pada pembelajaran double loop problem solving lebih dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada pembelajaran konvensional. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran double loop problem solving efektif. Dari penelitian ini diharapkan model pembelajaran double loop problem solving dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, pengelolaan kelas harus lebih diperhatikan pada saat pelaksanaan model pembelajaran double loop problem solving, terlebih pada saat berdiskusi agar tidak menimbulkan kegaduhan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerWidodo, M.Pd., An Nur AmiUNSPECIFIED
ExaminerAmalia, M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran double loop problem solving, Pendidikan Karakter, Kemampuan Berpikir kreatif Matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 15 Jul 2018 14:27
Last Modified: 15 Jul 2018 14:27
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item