Search for collections on Repository Universitas Peradaban

IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI SDN TONJONG 01 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sari, Ely Komala (2018) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI SDN TONJONG 01 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40214012_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text
40214012_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (46kB)
[img] Text
40214012_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (144kB)
[img] Text
40214012_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (44kB)
[img] Text
40214012_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (332kB)
[img] Text
40214012_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (22kB)
[img] Text
40214012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (28kB)
[img] Text
40214012_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 January 2023.

Download (940kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penerapan metode drill dalam pembelajaran matematika materi perkalian di kelas III-V SDN Tonjong 01 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes dengan berbagai macam teknik penerapan yang berbeda. Penelitian ini difokuskan pada implementasi metode drill (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi) dalam pembelajaran matematika materi perkalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode drill dalam pembelajaran matematika materi perkalian di SDN Tonjong 01 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berjenis fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis drill yang dilakukan adalah hafalan dan latihan soal dengan berbagai teknik penerapan pada masing-masing kelas. Implementasi metode drill yang ada di SDN Tonjong 01 belum sesuai dengan teori yang ada terutama pada tahap perencanaan dan evaluasi. Pelaksanaan tidak menggunakan RPP. Pelaksanaan dilakukan sesuai teori dengan berbagai macam teknik penerapan. Evaluasi khusus drill perkalian tidak ada hanya ada evaluasi dalam pembelajaran matematika secara umum. Namun demikian, keterampilan siswa setelah mengikuti drill perkalian yang dilaksanakan menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase keterampilan berhitung perkaliannya lebih dari 80% pada masing-masing kelas dan berdampak pada nilai PTS dan PAS siswa yang melebihi KKM. Implementasi metode drill dalam materi perkalian yang ada di SDN Tonjong 01 memiliki kelebihan yaitu pelaksanaannya yang menarik dengan berbagai macam teknik dan menjadi sebuah pembiasaan yang dijadikan sebagai budaya sebelum memulai pembelajaran. Kekurangannya yaitu drill matematika yang dilakukan tanpa adanya perencanaan yang baik membuat pelaksanaannya hanya bersifat spontanitas dari guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuwarjono, Suwajono, M.SiUNSPECIFIED
ExaminerAmalia, S.Si., M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
ExaminerWinarto, M.Pd., WinartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Drill, Matematika,Perkalian
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 26 Jan 2019 03:48
Last Modified: 26 Jan 2019 03:48
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item