Syifa, Muhammad Azka Nur (2018) PENGARUH MEDIA PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BUMIAYU 05. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40214026_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
|
Text
40214026_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (201kB) |
|
Text
40214026_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (191kB) |
|
Text
40214026_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (258kB) |
|
Text
40214026_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (229kB) |
|
Text
40214026_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (91kB) |
|
Text
40214026_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (183kB) |
|
Text
40214026_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (14MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan faktor penunjang yang sangat penting bagi perkembangan peradaban manusia dalam suatu bangsa, bangsa yang mempunyai peradaban maju adalah bangsa yang mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas, oleh karena itu harus dilakukan usaha untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan. Bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut memiliki peran masing–masing. Seperti keterampilan menulis yang berperan untuk memperjelas maksud serta tujuan seseorang yang diutarakan melalui pemikirannya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media Picture and picture terhadap keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas IV SD Negeri Bumiayu 05 Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui seberapa pengaruh penggunaan media Picture and picture terhadap keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas IV SD Negeri Bumiayu 05 Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental desain yaitu one group pre-test post-test desain. Kemudian teknik pengumpulan datanya menggunakan tenik tes dan dokumentasi. Untuk teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji prasyarat dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara media picture and picture terhadap keterampilan menulis cerita narasi SD Negeri Bumiayu 05 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh antara media picture and picture terhadap keterampilan menulis cerita narasi pada SD Negeri Bumiayu 05 Bumiayu Kabupaten Brebes sebesar 73,30% sedangkan sisanya sebesar 26,70% dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Picture and Picture, Media Pembelajaran, Menulis | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2019 07:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Jan 2019 07:15 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/390 |
Actions (login required)
View Item |