Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH PENGGUNAAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA SEKOLAH BINAAN (SEKBIN) 2 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hani, Umi (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA SEKOLAH BINAAN (SEKBIN) 2 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40214075_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (614kB)
[img] Text
40214075_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (172kB)
[img] Text
40214075_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (256kB)
[img] Text
40214075_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (298kB)
[img] Text
40214075_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (269kB)
[img] Text
40214075_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text
40214075_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text
40214075_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki ciri-ciri motivasi belajar rendah dan prestasi belajar siswa pada beberapa mata pelajaran yang nilainya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode outdoor learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD pada sekbin 2 kecamatan Tonjong kabupaten Brebes tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunaka adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan pendekatan Quasi-Exsperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di sekbin 2 kecamatan Tonjong kabupaten Brebes yang terdiri dari 11 sekolah, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dari dua SD yaitu SD Negeri Linggapura 01 dan SD Negeri Linggapura 02. Data dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menujukan besarnya pengaruh antara metode pembelajaran outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa sebesar 30,7% dengan nilai signifikansi 0,04<0,05 dan nilai thitung 3.194>ttabel 2,069. Hasil penelitian juga menujukan besarnya pengaruh antara metode pembelajaran outdoor learning terhadap prestasi belajar siswa sebesar 98,9% dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan nilai thitung 45,353>ttabel 2,069, maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan metode outdoor learninng terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD sekbin 2 kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAnggraeni, S.E., M.Pd., Ditia YulianaUNSPECIFIED
ExaminerWinarto, M.Pd., WinartoUNSPECIFIED
ExaminerIsro, M.Ag., IsroUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Outdoor Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:50
Last Modified: 12 Mar 2019 06:50
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item