Yudiantoro, Singgih Eko (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDA 02 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40211035_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (1MB) |
|
Text
40211035_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (34kB) |
|
Text
40211035_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (55kB) |
|
Text
40211035_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (74kB) |
|
Text
40211035_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (78kB) |
|
Text
40211035_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (17kB) |
|
Text
40211035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (21kB) |
|
Text
40211035_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2025. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (692kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SD Negeri Benda 02 Sirampog Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan one-group pretest-postest design. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 14 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dan statistik parametris dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat kuat antara penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V berdasarkan pengujian hipotesis sebesar 70,80% dengan nilai rata-rata posttsest 76,43.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode CIRC, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2019 07:19 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Oct 2019 07:19 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/432 |
Actions (login required)
View Item |