Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MONOMATE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII

Umayahsari, Nevi (NIM.40314022) (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MONOMATE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40314022_HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40314022_BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[img] Text
40314022_BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
40314022_BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (457kB) | Preview
[img] Text
40314022_BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 September 2025.

Download (362kB)
[img]
Preview
Text
40314022_BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40314022_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text
40314022_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2025.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil PAS Semester 1 mata pelajaran matematika kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa belum mencapai KKM, lebih banyak siswa yang tidak tuntas dibandingkan dengan siswa yang tuntas dengan KKM senilai 70. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan MONOMATE mencapai ketuntasan, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan MONOMATE lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, adanya pengaruh positif dari aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan MONOMATE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji beda rata-rata, dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar dengan menggunakan model Think Talk Write dengan pendekatan Problem Based Learning berbantuan MONOMATE melampaui 70 dengan proporsi siswa yang tuntas 88,24%. Hasil rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 76,74 lebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 70,33. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y ̂=a+bx=-170,391+3,154x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 73,1%. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bhawa model pembelajaran Think Talk Write dengan pendekatan Problem Based Learning berbantuan MONOMATE efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFasha, S.Si., M.Pd., Eka Farida (NIDN.060609862)UNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusoleh, M.Pd., Ujang (NIDN.0606068602)UNSPECIFIED
ExaminerPurwaningsih, M.Pd,, Dian (NIDN.0602108104)UNSPECIFIED
ExaminerWidodo, M.Pd., An Nur Ami (NIDN.0622058703)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write, Problem Based Learning, MONOMATE
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 27 Oct 2019 07:53
Last Modified: 27 Oct 2019 07:53
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item