Rahayu, Tri Oktarina (NIDN.40215021) (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI KELAS IV SDN DUKUHTURI 01 DAN SDN DUKUHTURI 02. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
42115021_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
42115021_BAB I.pdf - Accepted Version Download (187kB) | Preview |
|
Text
42115021_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (248kB) |
||
|
Text
42115021_BAB III.pdf - Accepted Version Download (444kB) | Preview |
|
Text
42115021_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (974kB) |
||
|
Text
42115021_BAB V.pdf - Accepted Version Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
42115021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (14kB) | Preview |
|
Text
42115021_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (4MB) |
||
Text
Modul Berbasis Sinektik.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi penelitian pengembangan yang berawal dari permasalahan yang ada di kelas terkait pembelajaran menulis cerpen yang sudah dilaksanakan. Masalah yang dihadapi adalah belum adanya media sebagai penunjang terkait keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk dan mendeskripsikan kualitas modul berbasis sinektik untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Dukuhturi 01 dan SDN Dukuhturi 02. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan desain True experimental design dan menggunakan model dari Borg&Gall dengan 10 tahapan. Teknik sample yang digunakan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji banding independen t-test. Hasil penelitian di peroleh (1) modul berbasis sinektik layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media sebesar 4,0 dengan kategori baik dan materi sebesar 4,8 dengan kategori sangat baik. (2) modul berbasis gambar memiliki pengaruh ditunjukkan dari hasil uji banding yang di peroleh nilai thitung= 8,034 dengan signifikansi 5% dan ttabel sebesar 2,16037.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul Berbasis Sinektik, Keterampilan Menulis Cerpen | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 800 Kesusasteraan > Retorik, Retorika dan Kumpulan Karya Sastra > Teknik Penulisan,Teknik Mengarang,Teknik Editorial |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2019 07:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2019 07:22 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/535 |
Actions (login required)
View Item |