Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANTONG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI KALISARI KECAMATAN CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurdiani, Anggun Fajar (NIM.40216074) (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANTONG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI KALISARI KECAMATAN CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40216074_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
40216074_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text
40216074_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (406kB)
[img]
Preview
Text
40216074_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (365kB) | Preview
[img] Text
40216074_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (426kB)
[img]
Preview
Text
40216074_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40216074_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img] Text
40216074_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya hasil belajar matematika siswa yang tergolong rendah dan pembelajaran masih bersifat konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media kantong penjumlahan dan pengurangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I SD Negeri Kalisari Kecamatan Cilongok Tahun Pelajaran 2019/2020, serta besarnya pengaruh tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan bentuk one shot case study. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Kalisari sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kantong penjumlahan dan pengurangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I SD Negeri Kalisari Kecamatan Cilongok Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengaruh tersebut sebesar 51%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKhoirurrohman, M.Pd., Taufiq (NIDN.0604039101)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media kantong penjumlahan dan pengurangan, hasil belajar matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:21
Last Modified: 10 Dec 2019 03:21
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item