Fajarwati, Ela Nuraeni (NIM.40215079) (2019) PENILAIAN SIKAP SOSIAL OLEH GURU KELAS PADA MUATAN PELAJARAN PPKN TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V DI SD NEGERI LINGGAPURA 03. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215079_Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40215079_Bab1.pdf - Accepted Version Download (208kB) | Preview |
|
Text
40215079_Bab2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
|
Text
40215079_Bab3.pdf - Accepted Version Download (104kB) | Preview |
|
Text
40215079_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (295kB) |
||
|
Text
40215079_Bab5.pdf - Accepted Version Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
40215079_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (295kB) | Preview |
|
Text
40215079_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh materi pembelajaran yang merupakan sebuah komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan penilaian guna memunculkan kegiatan-kegiatan yang memunculkan sikap sosial siswa, salah satunya dalam muatan mata pelajaran PPKn yang banyak menerapkan kegiatan yang memunculkan sikap sosial. Dalam pelaksanaannya guru masih mengelami kesulitan karena penilain sikap sosial sangat banyak meliputi sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleran, gotong royong, santun, dan percaya diri dimana masing-masing sikap sosial siswa dinilai satu persatu sehingga menyulitkan guru dalam melakukan pengamatan sikap sosial dalam waktu yang terbatas, sedangkan jumlah siswa sangat banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian sikap sosial oleh guru kelas V pada muatan mata pelajaran PPKn tema Lingkungan Sahabat Kita di SD Linggapura 03. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari guru dan kepala sekolah dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan trianggulasi teknik. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan penilaian sikap sosial belum sepenuhnya mengacu pada prinsip-prinsip pelaksanaan sikap sosial, namun guru kelas V sudah menyusun instrumen penilaian sikap sosial dengan sangat baik untuk menilai sikap sosial siswa yang meliputi sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleran, gotong royong, santun, dan percaya diri dengan aspek pengamatan yang sudah disusun dengan indikator skor pencapaian yang jelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Guru Kelas, Sikap Sosial | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 320 Ilmu Politik > 323 Hak-hak Warga Sipil, Hak-hak Warga Negara > Kewarganegaraan; Naturalisasi; Suaka Politik; Visa, Paspor |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2019 04:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2019 04:41 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/624 |
Actions (login required)
View Item |