Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS MATERI TURUNAN SMA NEGERI 1 SIRAMPOG

Faas, Angga Prasetya (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS MATERI TURUNAN SMA NEGERI 1 SIRAMPOG. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40312023_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (301kB)
[img] Text
40312023_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (79kB)
[img] Text
40312023_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (510kB)
[img] Text
40312023_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (274kB)
[img] Text
40312023_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (258kB)
[img] Text
40312023_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (50kB)
[img] Text
40312023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (56kB)
[img] Text
40312023_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (729kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika, banyak guru mengalami kesulitan dalam mengajar siswa bagaimana memecahkan permasalahan sehingga banyak siswa yang juga kesulitan mempelajarinya. Sudah saatnya untuk membenahi proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipiilih yaitu model pembelajaran SAVI dengan berbantuan Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan koneksi matematika siswa materi turunan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sirampog yeng terdiri dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPA sebagai kelas uji coba. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa kelas eksperimen sebesar 84 dan kelas kontrol sebesar 71. Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh siswa kelas eksperimen mencapai KKM (individual dan klasikal). Dari hasil uji beda rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematiika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan berdasarkan uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ= 2,934 + 1,055 X. Karena r hitung > r tabel maka terdapat hubungan yang positif dan besar pengaruh aktivitas siswa adalah 71,3%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI berbantuan Maple berpengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPurwaningsih, M.Pd., DianUNSPECIFIED
ExaminerFirdaus, M.Pd., Eris FannyUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematika, Model Pembelajaran SAVI berbantuan Maple, Materi Turunan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 15 Apr 2017 09:51
Last Modified: 15 Apr 2017 09:51
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item