Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS METODE SCAFFOLDING DENGAN MUATAN KEMANDIRIAN BERBANTUAN FORTUNE CANDY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI SPLDV KELAS VIII

Anjarsari, Kartika Yulia (2016) EFEKTIVITAS METODE SCAFFOLDING DENGAN MUATAN KEMANDIRIAN BERBANTUAN FORTUNE CANDY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI SPLDV KELAS VIII. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40312024_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (208kB)
[img] Text
40312024_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (86kB)
[img] Text
40312024_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (91kB)
[img] Text
40312024_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (240kB)
[img] Text
40312024_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (127kB)
[img] Text
40312024_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (53kB)
[img] Text
40312024_BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (53kB)
[img] Text
40312024_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode scaffolding dengan muatan kemandirian berbantuan fortune candy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis materi SPLDV. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampauan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP BU Paguyangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII B dan kelas kontrol VIII C yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui 72 dengan proporsi siswa yang tuntas 86%. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 81 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 70. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = 19,766 + 0,721 X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif kemandirian belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebasar 75,5 %. Karena memenuhi ketiga kriteria keeefektifan maka dapat disimpulkan bahwa metode scaffolding dengan muatan kemandirian berbantuan fortune candy efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAkhyar, S.Si.,M.Pd., M. KhoirilUNSPECIFIED
ExaminerAen, M.Pd., Dra. NurkhikmatulUNSPECIFIED
ExaminerAristiyo, S.Si., M.Pd, Dedi NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Scaffolding, Kemandirian, Fortune Candy, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 15 Apr 2017 11:35
Last Modified: 15 Apr 2017 11:35
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item