Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU CHART TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PADA MATERI STATISTIKA KELAS X SMK WICAKSANA ALHIKMAH SIRAMPOG 2015/2016

Muhamad, Masruri (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU CHART TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PADA MATERI STATISTIKA KELAS X SMK WICAKSANA ALHIKMAH SIRAMPOG 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40312008_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (423kB)
[img] Text
40312008_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (219kB)
[img] Text
40312008_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (250kB)
[img] Text
40312008_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (380kB)
[img] Text
40312008_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (256kB)
[img] Text
40312008_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (87kB)
[img] Text
40312008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (19kB)
[img] Text
40312008_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog bahwa kemampuan representasi peserta didik masih kurang, kemudian dibuktikan dengan hasil investigasi yang dilakukan oleh peneliti pada kelas X Farmasi 1 SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog masih banyak peserta didik yang kurang dalam mengungkapkan sebuah ide atau gagasan dalam bahasanya sendiri. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantu Chart untuk meningkatkan kemampuan representasi peserta didik. Jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan eksprimen, dengan Posttest Only Kontrol Design. Populasinya peserta didik kelas X SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog. Sampelnya yaitu kelas eksprimen kelas X Farmasi 1, kelas kontrol kelas X Farmasi 2, dan kelas uji coba kelas X Farmasi 3, dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis datanya dengan analisis data awal, analisis intrumen, dan analisis data akhir. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi kelas eksperimen adalah sebesar 98 dan nilai rata-rata hasil tes representasi kelas kontrol adalah sebesar 90. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan representasi peserta didik kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 75 dengan proporsi peserta didik yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=-24,959+1,420x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas peserta didik terhadap peningkatan kemampuan representasi peserta didik sebesar 83,7%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining Berbantu Chart efektif terhadap kemampuan representasi pada materi statistika kelas X SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog tahun 2015/2016.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAin, M.Pd, Dra NurkhikmatulUNSPECIFIED
ExaminerPurwaningsih, M.Pd., DianUNSPECIFIED
ExaminerAkhyar, S.Si., M.Pd., M. KhoirilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Berbantu Chart, Kemampuan Represntasi, Aktivitas
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 15 Apr 2017 13:49
Last Modified: 15 Apr 2017 13:49
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item