HIDAYAH, Anis Nurul (2020) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Anis Nurul Hidayah-40215003-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (627kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Anis Nurul Hidayah-40215003-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (19kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Anis Nurul Hidayah-40215003-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Anis Nurul Hidayah-40215003-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Anis Nurul Hidayah-40215003-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Anis Nurul Hidayah-40215003-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Anis Nurul Hidayah-40215003-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Anis Nurul Hidayah-40215003-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Anis Nurul Hidayah-40215003-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V SD Negeri Kalierang 03 Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab dan upaya untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa penyebab rendahnya keterampilan menulis cerita pendek dan upaya untuk mengatasinya yang terjadi pada siswa kelas V sekolah dasar ada dua, yaitu faktor internal, seperti rendahnya minat belajar siswa terutama berkaitan dengan belajar menulis cerita pendek, rendahnya keterampilan membaca siswa yang berhubungan erat dengan keterampilan menulis siswa, dan sebagainya, serta faktor eksternal, seperti lingkungan belajar yang kurang kondusif, penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat, penggunaan model pembelajaran yang bersifat konvensional, penggunaan metode dan teknik pembelajaran yang bersifat monoton, jarangnya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif sehingga siswa tidak memiliki motivasi belajar yang cukup, penggunaan bahan ajar yang kurang spesifik dan mudah dipahami siswa, dan sebagainya. Adapun upaya untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis cerita pendek yang terjadi pada siswa kelas V sekolah dasar adalah penggunaan pendekatan, model, metode, teknik, dan media pembelajaran. Selain itu, guru juga dapat menggunakan bahan ajar yang tepat, berupaya meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca dan memahami wacana, serta meningkatkan minat membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, cerita pendek | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:09 | ||||||
Last Modified: | 24 Aug 2022 03:09 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/882 |
Actions (login required)
View Item |