PERMATASARI, Asih (2020) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN REVIEW LITERATUR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Asih Permatasari-40216006-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (753kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Asih Permatasari-40216006-Skripsi-2020.doc - Published Version Download (29kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Asih Permatasari-40216006-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Asih Permatasari-40216006-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Asih Permatasari-40216006-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Asih Permatasari-40216006-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Asih Permatasari-40216006-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Asih Permatasari-40216006-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (422kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Asih Permatasari-40216006-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian Trends In International Mathematics and Science Study tahun 2015 menunjukkan rendahnya prestasi matematika siswa Indonesia terkait dengan soal-soal atau masalah-masalah tidak rutin. Rendahnya nilai matematika di Sekolah Dasar juga karenakan siswa menganggap mata pelajaran matematika sulit dipahami diambil dari hasil penelitian terdahulu. Permasalahan tersebut mendasari tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Course Review Horay dan Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Desain penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa artikel jurnal dan sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini untuk kemudian dibaca dan dikaji. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dengan cara menganalisis data-data tersebut. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan diverifikasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan model pembelajaran model pembelajaran Course Review Horay dan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran Numbered Head Together lebih unggul dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dari pada model pembelajaran Course Review Horay. Hal ini terlihat dari banyaknya artikel jurnal dan sumber lainnya yang mendukung terkait penerapan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif Course Review Horay dan Numbered Head Together dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika di kelas untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Course Review Horay, Numbered Head Together, Kemampuan Pemecahan Masalah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2022 07:08 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2022 07:08 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/893 |
Actions (login required)
View Item |