PITRIYANITA, Eha (2020) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENCAPAIAN NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUNUNGSUGIH 02. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Eha Pitriyanita-40216017-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (647kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Eha Pitriyanita-40216017-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (15kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Eha Pitriyanita-40216017-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (227kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Eha Pitriyanita-40216017-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Eha Pitriyanita-40216017-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Eha Pitriyanita-40216017-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Eha Pitriyanita-40216017-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Eha Pitriyanita-40216017-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Eha Pitriyanita-40216017-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena karakter yang terbentuk di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunungsugih 02 dan pembelajaran tematik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter dan pencapaian nilai karakter di dalam pembelajaran tematik tema 8 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunungsugih 02. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (semi struktural), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter dilakukan melalui keteladanan, penanaman disiplin, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, dan integrasi dan internalisasi. Dalam pembelajaran tematik tema 8, terdapat sepuluh nilai karakter yang dicapai yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggungjawab
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik, Tema 8 | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:55 | ||||||
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:55 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/903 |
Actions (login required)
View Item |