KUSBANDYAH, Ida (2020) ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI TONJONG 04 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Ida Kusbandyah-40216025-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK-Ida Kusbandyah-40216025-Skripsi-2020.pdf Download (86kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Ida Kusbandyah-40216025-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (106kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Ida Kusbandyah-40216025-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Ida Kusbandyah-40216025-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Ida Kusbandyah-40216025-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Ida Kusbandyah-40216025-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Ida Kusbandyah-40216025-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (104kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Ida Kusbandyah-40216025-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 04 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 04. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 04 Tahun Pelajaran 2019/2020, yaitu diterapkannya pendekatan, model, dan metode pembelajaran yang bersifat konvensional atau berpusat pada guru, penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif dan efektif dalam menunjang pembelajaran. Selain itu, guru jarang menggunakan alat peraga pembelajaran yang membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Matematika, Perkalian, Pembagian | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2022 07:30 | ||||||
Last Modified: | 04 Sep 2022 07:30 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/913 |
Actions (login required)
View Item |