RUKMANA, Piyona Indra (2020) PENGEMBANGAN PEDOMAN PENILAIAN LITERASI BAHASA UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (13kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (103kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 1-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 2-Piyona Indra Rukmana-40216072-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi penelitian pengembangan yang berawal dari permasalahan yang ada di kelas terkait ketidak tercapaian indikator literasi bahasa yang berpengaruh pada cara berpikir siswa. masalah yang dihadapi adalah belum adanya media sebagai penunjang terkait literasi bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan produk dan mendeskripsikan kualitas buku pedoman penilaian literasi bahasa untuk mencapai kemampuan HOTS siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan desain Quasy non-equivalent group design dan menggunakan model dai Borg&Gall dengan 10 tahapan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan Uji t teknik paired samples t test. Hasil penelitian diperoleh (1) buku pedoman penilaian literasi bahasa layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media sebesar 4,0 dengan kategori baik dan ahli materi 3,75 dengan kategori baik. (2) Hasil perhitungan uji t terdapat peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest seluruh siswa sebesar 12, 68. Hal ini menunjukan terjadi peningkatan setelah diterapkan produk buku pedoman penilaian literasi bahasa indonesia dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Buku Pedoman, Penilaian Literasi Bahasa, HOTS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa, Story Telling, Bercerita, Berbicara | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2022 04:28 | ||||||
Last Modified: | 18 Sep 2022 04:28 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/989 |
Actions (login required)
View Item |