SAKINAH, Isma (2022) EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING TIPE STATION ROTATION BERBANTUAN MEDIA VIDEOSCRIBE BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN CIPUTIH 03. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Isma Sakinah-40218032-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (502kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Isma Sakinah-40218032-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Isma Sakinah-40218032-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (122kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Isma Sakinah-40218032-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Isma Sakinah-40218032-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Isma Sakinah-40218032-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Isma Sakinah-40218032-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Isma Sakinah-40218032-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (174kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Isma Sakinah-40218032-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran dimasa pandemi yang berubah- ubah, sebagian besar siswa kelas V mengalami penuruan kemandirian dan hasil belajar terutama pada mata pelajaran IPS. Hal itu disebabkan karena kurangnya pemahaman orang tua dan siswa tentang penggunaan teknologi. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemandirian belajar dengan pembelajaran menggunakan model blended learing tipe station rotation berbantuan media videoscribe berbasis kearifan lokal; (2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar dengan pembelajaran menggunakan model blended learing tipe station rotation berbantuan media videoscribe berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre- Experimental dan bentuk desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh 1) model ini dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, dilihat dari nilai sig = 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan artinya terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa; 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa, dilihat dari nilai sig = 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang siginifkan artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pretest ke posttest. Sehingga dapat disimpulkan model blended learning tipe station rotation berbantuan media videoscribe berbasis kearifan lokal efektif dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Station Rotation, Videoscribe, Kemandirian dan Hasil Belajar. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2022 02:40 | ||||||
Last Modified: | 18 Dec 2022 02:40 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1139 |
Actions (login required)
View Item |