Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN GEOBOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII

Lestari, Widi (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN GEOBOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313033_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2024.

Download (791kB)
[img] Text
40313033_BAB 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2024.

Download (244kB)
[img] Text
40313033_BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2024.

Download (321kB)
[img] Text
40313033_BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
40313033_BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2026.

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
40313033_BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40313033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img] Text
40313033_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2024.

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Setelah dilakukan observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap guru matematika, ternyata ketrampilan proses siswa juga rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Geoboard terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Populasinya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ajibarang. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII F, kelas kontrol VII H, dan kelas uji coba VII I, dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan mengunakan uji ketuntasan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melampaui 73 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 82,96 lebih baik daripadanilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol yaitu 62,00. Uji regresi sederhana diperoleh diperoleh persamaan regresi ŷ=-44,549+1,651x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 83%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Geoboard efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa materi segi empat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAmalia, M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
ExaminerAkhyar, S.Si. M.Pd, M. KhoirilUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Probing Promting, Geoboard, Konsep Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 29 Jul 2017 14:36
Last Modified: 12 Dec 2019 04:32
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item