Fatmaningrum, Umahati (NIM.40214074) (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214074_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Download (874kB) | Preview |
|
|
Text
40214074_BAB I.pdf - Accepted Version Download (78kB) | Preview |
|
Text
40214074_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (206kB) |
||
|
Text
40214074_BAB III.pdf - Accepted Version Download (151kB) | Preview |
|
Text
40214074_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (464kB) |
||
|
Text
40214074_BAB V.pdf - Accepted Version Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
40214074_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (60kB) | Preview |
|
Text
40214074_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
||
Archive
macromedia.rar - Additional Metadata Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Download (70MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara yang dilakukan pada SD di Cibentang diperoleh informasi bahwa hasil belajar kognitif siswa masih rendah dengan nilai dibawah 70 pada mata pelajaran IPA, tersedianya sarana teknologi informasi dan komunikasi seperti laptop dan LCD proyektor tetapi tidak diimbangi dengan tersedianya media pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media IPA berbasis macromedia flash 8, (2) mengetahui langkah-langkah pengembangan media IPA berbasis macromedia flash 8, (3) mengetahui kelayakan media IPA berbasis macromedia flash 8. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Resseach and Development (R&D). Pengujian keefektifan pembelajaran menggunakan metode Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dengan model ADDIE dengan 5 tahapan (Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Cibentang 02 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 10 peserta didik dan kelas V SD negeri Cibentang 01 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen pengambilan data dengan wawancara, angket dan test. Dilanjutkan dengan teknik analisis data menggunakan uji normalitas data akhir, uji data akhir, uji homogenitas data akhir dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash 8 mampu memenuhi kriteria elemen visual, elemen verbal, kesederhanaan, kelengkapan, komunikatif, belajar mandiri, belajar setahap demi setahap, unity multimedia dan kontinuitas. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 86,33% dengan kategori A “sangat baik”. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 93,46% dengan kategori A “sangat baik”. Dan hasil respon peserta didik dalam uji coba terbatas menyatakan media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash 8 memperoleh kategori baik dan praktis. Pada pengujian keefektifan pembelajaran mendapatkan selisih nilai sebanyak 33,25, dari hasil tersebut maka nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada nilai rata-rata kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing : Winarto, M.Pd. (NIDN.0612118801) | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, IPA, Macromedia Flash | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2019 06:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Dec 2019 03:42 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/409 |
Actions (login required)
View Item |