Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN STUDENT WORKSHEET IPA BERBASIS PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Elistiana, Elis (2018) PENGEMBANGAN STUDENT WORKSHEET IPA BERBASIS PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40214092_Halaman Awal.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214092_BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214092_BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214092_BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214092_BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214092_BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214092_Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214092_BAB III.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan utama yang ditemukan melalui kegiatan wawancara diketahui bahwa LKS IPA yang digunakan di kelas III terpaku pada teks materi dan pembelajaran berpusat pada guru. Sehingga ada sejumlah siswa yang kurang aktif dan cenderung diam atau justru bermain-main bersama temannya yang lain tidak memperhatikan guru dengan seksama. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mengembangkan LKS berbasis CTL yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan research and development (R & D) dengan model pengembanagan 4D (Define, Design, Development dan Dissemination) milik Thiagarajan (1974). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media LKS layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media 4,7 ahli materi 4,45 skor penilaian keseluruhan dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian analisis uji t-test menunjukkan media atau bahan ajar student worksheet IPA berbasis pendekatan CTL efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai sig. 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut dinyatakan bahwa ada perbedaan nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS IPA berbasis pendekatan CTL.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWinarto, M.Pd., WinartoUNSPECIFIED
ExaminerKiswo, S.Pd.M.Pd., KiswoUNSPECIFIED
ExaminerSandi, S.Sn., M.Sn, Novea VarahdilahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media LKS, Pendekatan CTL, Materi IPA, Penelitian dan Pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:08
Last Modified: 10 Apr 2019 03:08
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item