Kusumawono, Tafip (NIM.40215031) (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TRANS MODEL MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN TEKNIK SUBATSAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIERANG 01 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215031_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
40215031_BAB I.pdf - Accepted Version Download (161kB) | Preview |
|
Text
40215031_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (494kB) |
||
|
Text
40215031_BAB III.pdf - Accepted Version Download (444kB) | Preview |
|
Text
40215031_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
|
Text
40215031_BAB V.pdf - Accepted Version Download (88kB) | Preview |
|
Text
40215031_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah, terutama pada pembelajaran matematika. Selain itu, ditemukan dalam pembelajaran guru masih menggunakan model dan media pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan trans model mathematics education berbantuan teknik subatsaga mata pelajaran matematika tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal, serta 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan trans model mathematics education berbantuan teknik subatsaga mata pelajaran matematika lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kalierang 01. Teknik sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IV A SD Negeri Kalierang 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B SD Negeri Kalierang 01 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh 1) hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan trans model mathematics education berbantuan teknik subatsaga mata pelajaran matematika tuntas dengan criteria ketuntasan minimal, serta 2) hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan trans model mathematics education berbantuan teknik subatsaga mata pelajaran matematika lebih baikd aripada rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2019 07:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Nov 2019 07:06 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/537 |
Actions (login required)
View Item |