Search for collections on Repository Universitas Peradaban

MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH REGULER SEKOLAH DASAR NEGERI AJIBARANG WETAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Hidayat, Dayat (NIM.40215040) (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH REGULER SEKOLAH DASAR NEGERI AJIBARANG WETAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215040_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215040_BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text
40215040_BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
40215040_BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text
40215040_BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
40215040_BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[img] Text
40215040_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa SD Negeri Ajibarang Wetan merupakan salah satu sekolah dasar di Kabupaten Banyumas yang menyelenggarakan pendidikan inklusi dan manajemen digunakan sebagai pengatur jalannya program. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan di Sekolah Reguler SD Negeri Ajibarang Wetan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan manajemen pendidikan inklusi di SD Negeri Ajibarang Wetan dilakukan dengan perencanaan peserta didik, kurikulum, tenaga pendidik dan sarana prasarana serta menyusun tujuan dari program pendidikan inklusi. Kedua, pengorganisasian dilakukan dengan adanya pembagian tugas dan kepala sekolah menunjuk salah satu guru kelas untuk menjadi guru koordinator pendidikan inklusi. Ketiga, pengarahan meliputi adanya model kepimpinan, pemberian motivasi dan komunikasi. Keempat, pengawasan dilakuan dengan adanya monitoring yang dilakukan setiap tiga bulan sekali dan melakukan pelaporan hasil perkembangan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus kepada orang tua/wali murid peserta didik berkebutuhan khusus setaip 6 bulan sekali.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWartulas, M.Pd., Sri (NIDN.0625127204)UNSPECIFIED
ExaminerWakhyudi, M.Pd., Yukhsan (NIDN.0611078402)UNSPECIFIED
ExaminerSuprapto, M.Pd., Yuni (NIDN.06260608702)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan Inklusi, SD Negeri Ajibarang Wetan
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:40
Last Modified: 25 Nov 2019 08:40
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item