Hidayat, Dayat (NIM.40215040) (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH REGULER SEKOLAH DASAR NEGERI AJIBARANG WETAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215040_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (719kB) | Preview |
|
|
Text
40215040_BAB 1.pdf - Accepted Version Download (207kB) | Preview |
|
Text
40215040_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (390kB) |
||
|
Text
40215040_BAB 3.pdf - Accepted Version Download (113kB) | Preview |
|
Text
40215040_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (304kB) |
||
|
Text
40215040_BAB 5.pdf - Accepted Version Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
40215040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (187kB) | Preview |
|
Text
40215040_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa SD Negeri Ajibarang Wetan merupakan salah satu sekolah dasar di Kabupaten Banyumas yang menyelenggarakan pendidikan inklusi dan manajemen digunakan sebagai pengatur jalannya program. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan di Sekolah Reguler SD Negeri Ajibarang Wetan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan manajemen pendidikan inklusi di SD Negeri Ajibarang Wetan dilakukan dengan perencanaan peserta didik, kurikulum, tenaga pendidik dan sarana prasarana serta menyusun tujuan dari program pendidikan inklusi. Kedua, pengorganisasian dilakukan dengan adanya pembagian tugas dan kepala sekolah menunjuk salah satu guru kelas untuk menjadi guru koordinator pendidikan inklusi. Ketiga, pengarahan meliputi adanya model kepimpinan, pemberian motivasi dan komunikasi. Keempat, pengawasan dilakuan dengan adanya monitoring yang dilakukan setiap tiga bulan sekali dan melakukan pelaporan hasil perkembangan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus kepada orang tua/wali murid peserta didik berkebutuhan khusus setaip 6 bulan sekali.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Inklusi, SD Negeri Ajibarang Wetan | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2019 08:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2019 08:40 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/567 |
Actions (login required)
View Item |