Pranoto, Diki (NIM. 40215077) (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS V SD NEGERI BUMIAYU 04 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215077_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
40215077_BAB I.pdf - Accepted Version Download (165kB) | Preview |
|
Text
40215077_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (273kB) |
||
|
Text
40215077_BAB III.pdf - Accepted Version Download (208kB) | Preview |
|
Text
40215077_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (284kB) |
||
|
Text
40215077_BAB V.pdf - Accepted Version Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
40215077_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (191kB) | Preview |
|
Text
40215077_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam memahami Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V SD Negeri Bumiayu 04 Kecamatan Bumiayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bumiayu 04. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar siswa kelas V dalam memahami Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 ada dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern ini meliputi faktor yang berkaitan dengan ranah kognitif siswa seperti rendahnya kemampuan intelektual siswa dan ranah afektif seperti sikap siswa yang malas, bosan, serta tidak tertarik memahami Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Adapun faktor ekstern ini meliputi lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | , Kesulitan belajar, Buku Tematik Terpadu, Kurikulum 2013 | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2019 07:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2019 07:27 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/615 |
Actions (login required)
View Item |