Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERGAMBAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA

Puspita, Nia Anjar (NIM.40215091) (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERGAMBAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215091_HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215091_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
40215091_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
40215091_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
40215091_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
40215091_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215091_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (910kB) | Preview
[img] Text
40215091_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya keterampilan menulis karangan narasi siswa cenderung rendah dan media pembelajaran yang diterapkan guru kurang menarik dan kurang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan pengembangan adalah untuk menciptakan lembar kerja siswa bergambar berbasis pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Jenis penelitian ini adalah research and development. Subjek uji coba produk yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Karangjongkeng 01 sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja siswa bergambar berbasis pendekatan kontekstual menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagrajan. Lebih lanjut, lembar kerja siswa bergambar berbasis pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZahro, M.Pd.I., Umi Chabibatus (NIDN.0609019001)UNSPECIFIED
ExaminerWinarto, M.Pd., Winarto (NIDN.06121188001)UNSPECIFIED
ExaminerSandi, S.Sn., M.Sn., Noviea Varahdilah (NIDN.0611118702)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja siswa, media gambar, pendekatan kontekstual, keterampilan menulis, karangan narasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:20
Last Modified: 10 Dec 2019 03:20
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item