Widianingsih, Yani (NIM.40215068) (2019) PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI KELAS IV SD NEGERI SRIDADI 02 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215068_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
40215068_BAB I.pdf - Accepted Version Download (207kB) | Preview |
|
Text
40215068_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (357kB) |
||
|
Text
40215068_BAB III.pdf - Accepted Version Download (206kB) | Preview |
|
Text
40215068_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 31 September 2026. Download (292kB) |
||
|
Text
40215068_BAB V.pdf - Accepted Version Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
40215068_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (203kB) | Preview |
|
Text
40215068_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakaktifan dan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran. Terdapat siswa yang aktif dan mudah memahami pelajaran namun terdapat pula siswa yang pasif dan lamban dalam memahami penjelasan guru sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian difokuskan untuk melihat penerapan model-model pembelajaran inovatif di kelas IV pada tema 7 indahnya keberagaman di negeriku subtema 2 indahnya keberagaman budaya negeriku pembelajaran ke 2. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam model pembelajaran, penerapan model pembelajaran inovatif dan mengetahui analisis kelebihan kekurangan model pembelajaran inovatif yang digunakan guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model-model pembelajaran inovatif diterapkan secara tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Model-model pembelajaran inovatif yang diterapkan yaitu model pembelajaran example non example sudah relatif bagus untuk mata pelajaran SBdP, bamboo dancing (tari bambu) sudah cocok untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan hands on activity sudah bagus digunakan untuk mata pelajaran IPA. Masing-masing model pembelajaran dapat menggali pengetahuan siswa karena siswa berpartisipasi aktif dengan cara mendemonstrasikan hasil diskusi dan menerjunkan siswa langsung dalam kehidupan nyata. Dalam menerapkan model-model pembelajaran guru membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga kurang maksimal dalam menerapkan model-model pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran, Inovatif | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2019 04:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2019 04:41 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/622 |
Actions (login required)
View Item |