Marselina, Marselina (NIM.40215017) (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KOMIK PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IV SDN JEMBAYAT 03 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215017_Halaman Awal.pdf - Accepted Version Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
40215017_BAB I.pdf - Accepted Version Download (38kB) | Preview |
|
Text
40215017_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 28 February 2026. Download (88kB) |
||
|
Text
40215017_BAB III.pdf - Accepted Version Download (32kB) | Preview |
|
Text
40215017_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 28 February 2026. Download (874kB) |
||
|
Text
40215017_BAB V.pdf - Accepted Version Download (26kB) | Preview |
|
Text
40215017_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 28 February 2028. Download (10MB) |
Abstract
Guru dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kurang kreatif ditandai dengan tidak memanfaatkan media dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran yang berdampak kepada hasil belajar siswa sehingga perlu pembaharuan agar hasil belajar siswa dapat meningkat salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis komik, langkah pengembangan dan pengaruh penggunaan media pembelajaran ilmu pengetahuan sosial berbasis komik pada tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV di SD negeri jembayat 03, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pengembangan media pembelajaran ilmu pengetahuan sosial berbasis komik pada tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV di SD negeri jembayat 03 dan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Ilmu pegetahuan sosial berbasis komik pada tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV di SD negeri jembayat 03. Metode penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan yang dikembangkan mengacu pada tahap pengembangan Four D yaitu Define, Design, Development, dan Desiminate, media komik yang dikembangkan layak diterapkan dalam pembelajaran. Penilaian dari ahli materi dan ahli media masing-masing dan penilaian yang diberikan oleh siswa adalah 93%, 82,6% dan 95% yang ketiganya termasuk ke dalam kategori sangat baik. Pengembangan media pembelajaran berbasis komik layak digunakan dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 66,67%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing : Yuni Suprapto, M.Pd. (NIDN.0626038702) | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2020 02:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2020 02:50 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/731 |
Actions (login required)
View Item |