Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS RESEPSI PENDENGAR TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN TESTIMONI NUTRISI HERBAL NARIYAH DI RADIO KASIHKU FM BUMIAYU

UTAMI, Rosita Indah (2021) ANALISIS RESEPSI PENDENGAR TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN TESTIMONI NUTRISI HERBAL NARIYAH DI RADIO KASIHKU FM BUMIAYU. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] PDF (COVER)
COVER-Rosita Indah Utami-43217009-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Rosita Indah Utami-43217009-Skripsi-2021.docx - Published Version

Download (25kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Rosita Indah Utami-43217009-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Rosita Indah Utami-43217009-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Rosita Indah Utami-43217009-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Rosita Indah Utami-43217009-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Rosita Indah Utami-43217009-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Rosita Indah Utami-43217009-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Rosita Indah Utami-43217009-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, karena sebuah iklan testimoni seringkali menjadi wadah bagi media atau perusahaan untuk mempersuasi pendengar bahkan meyakinkan pendengar agar mengonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan, akan tetapi kalimat yang tertuang pada isi pesan iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah ini tidak terdapat pernyataan yang mengunggulkan produk. Meskipun demikian, produk nutrisi Herbal Nariyah ini diminati oleh masyarakat dari berbagai daerah, hal ini tentunya berkaitan dengan penerimaan pendengar terhadap isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah tersebut. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana resepsi atau penerimaan pendengar terhadap isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah di Radio Kasihku FM Bumiayu. Tujuan penelitian yaitu untuk untuk mengetahui dan menjelaskan resepsi pendengar terhadap isi pesan pada iklan Testimoni Nutrisi Herbal Nariyah di Radio Kasihku FM Bumiayu. Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Kemudian data dianalisis oleh peneliti secara kritis dengan konsep Encoding dan Decoding, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang analisis resepsi tersebut. Dari hasil penelitian, pemaknaan pendengar mengenai isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah adalah sebagai pesan yang menjelaskan bahwa Herbal Nariyah ini hanya lantaran dan sebagai jalan bagi kita mendapat keberkahan. Hasil analisis resepsi pendengar terhadap isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah di peroleh sebuah data bahwa posisi informan berdasarkan pemaknaan pendengar mengenai isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah di Radio Kasihku FM terdapat sebanyak 7 (tujuh) orang termasuk kedalam posisi dominan (hegemonic position/reading), dan sebanyak 10 (sepuluh) orang masuk kedalam posisi negosiasi (negotiated position/reading), sedangkan karena media sudah memastikan bahwa pesan yang diproduksinya sudah sesuai dengan budaya dominan maka dalam proses decoding tidak ditemukan informan yang masuk ke dalam posisi oposisi (oppositional position/reading). Pemaknaan pendengar dimulai dari adanya ketertarikan untuk mendengar iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah yang menyiarkan kesaksian nyata dari seseorang yang sembuh dari penyakitnya tersebut. Dalam penelitian ini, diharapkan sudah tepat pada sasaran, artinya dapat diterima di masyarakat, khususnya pendengar radio. Untuk pendengar diharapkan dapat lebih banyak lagi mengeksplorisasi media dengan cakupan pendengar yang luas dalam meresepsi media.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHERDIANA, Aannidn0624018903
Uncontrolled Keywords: Herbal Nariyah, Resepsi, Iklan Testimoni
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi > Isi Komunikasi; Strategi Komunikasi
600 Technology dan Ilmu Terapan > 650 Bisnis, Manajemen & Public Relation > 659 Periklanan; Hubungan Masyarakat / Public Relation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:45
Last Modified: 03 Jan 2023 03:52
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item