APRIANTI, Fini Syafina (2020) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SD PADA PEMBELAJARAN IPA (STUDI KASUS PADA SD NEGERI KALIERANG 02 DAN SD ISLAM TAALLUMUL HUDA BUMIAYU). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-FIni Syafina Aprianti-40216022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (782kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Fini Syafina Aprianti-40216022-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (20kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Fini Syafina Aprianti-40216022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (314kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-FIni Syafina Aprianti-40216022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-FIni Syafina Aprianti-40216022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Fini Syafina Aprianti-40216022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Fini Syafina Aprianti-40216022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Fini Syafina Aprianti-40216022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (296kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi peneliti menemukan bahwa pada kondisi awal siswa memperoleh hasil belajar IPA yang terbilang rendah. Hal ini terjadi baik di SD Negeri Kalierang 02 yang berstatus sekolah negeri maupun di SD Islam Taallumul Huda Bumiayu yang berstatus sekolah swasta yang disebabkan karena siswa mengalami kesulitan belajar. Mengetahui permasalahan tersebut, peneliti bermaksud mengkaji mengenai peran guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas tinggi SD pada pembelajaran IPA yang terjadi pada siswa SD negeri maupun SD swasta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sebagai pelatih yang memberikan pengajaran kepada siswa mengenai materi pada pembelajaran IPA, fasilitator yang menyediakan fasilitas belajar IPA kepada siswa, konselor yang menjalin hubungan yang erat dengan siswa, kreator yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memberikan pengajaran terkini kepada siswa, dan motivator yang memberikan motivasi belajar kepada siswa agar tidak lagi mengalami kesulitan belajar. Peran tersebut sudah dijalankan guru dengan baik. Adapun orang tua memiliki peran melakukan observasi perilaku siswa ketika berada di rumah maupun di lingkungan bermain terutama berkaitan dengan perilaku yang berkaitan pembelajaran, memperbaiki perilaku siswa yang masih menyimpang misalnya malas dalam belajar, mengajar anak dengan menjelaskan materi pembelajaran, dan menjalin hubungan dengan guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa IPA. Peran tesebut dijalankan orang tua dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Peran Orang Tua, Kesulitan Belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2022 07:30 | ||||||
Last Modified: | 04 Sep 2022 07:30 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/911 |
Actions (login required)
View Item |