MAULIDIANA, Yuliana (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS KELAS V SD NEGERI DUKUHTURI 04. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Yulina Maulidiana-40216068-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (553kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Yulina Maulidiana-40216068-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (13kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Yulina Maulidiana-40216068-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (129kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Yulina Maulidiana-40216068-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Yulina Maulidiana-40216068-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Yulina Maulidiana-40216068-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Yulina Maulidiana-40216068-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Yulina Maulidiana-40216068-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (132kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Yulina Maulidiana-40216068-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya media pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran IPA materi “Siklus Air”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan komik siklus air dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD Negeri Dukuhturi 04. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan pendekatan Research and Development(R&D) dengan desain One Group pretest- posttest design. Model pengembangan dimodifikasi dari model 4D terdiri dari 4 langkah yaitu: (1) Define (2) Design (3) Development (4) Desiminate. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh (1) Media pembelajaran berbasis komik berdasarkan hasil validasi media dengan nilai 4 yang termasuk dalam kategori baik, hasil validasi materi memperoleh nilai 4 dengan kategori baik. (2) Media Pembelajaran Berbasis Komik memiliki pengaruh ditunjukan dari hasil literatur review.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Komik, IPA, Literasi Sains | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2022 04:01 | ||||||
Last Modified: | 17 Sep 2022 04:01 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/978 |
Actions (login required)
View Item |