AFIFAH, Ummi (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-UMMI AFIFAH-40317007-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (369kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-UMMI AFIFAH-40317007-SKRIPSI-2021.docx - Published Version Download (43kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-UMMI AFIFAH-40317007-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (145kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-UMMI AFIFAH-40317007-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-UMMI AFIFAH-40317007-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-UMMI AFIFAH-40317007-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-UMMI AFIFAH-40317007-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-UMMI AFIFAH-40317007-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Download (18kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-UMMI AFIFAH-40317007-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk bahan ajar berupa modul model eliciting activities dengan pendekatan kontekstual pada materi peluang kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs Asy-Syifa Padaherang dengan subjek siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan metode penelitian ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar validasi, angket respon dan tes soal. Bahan ajar berupa modul yang dikembangkan melalui tahap validasi ahli materi mencapai skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,7 dengan kriteria penilaian “Sangat Valid” dan ahli media mencapai skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,6 dengan kriteria penilaian “Sangat Valid”. Hasil uji coba lapangan, berdasarkan uji ketuntasan hasil belajar siswa didapat rata-rata nilai 81,83 dengan presentase ketuntasan melampaui 75% sehingga dikatakan efektif dan hasil dari penyebaran angket respon memperoleh presentase 72,5% dari angket respon guru, serta memperoleh presentase 96,89% dari angket respon siswa termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Kesimpulan bahwa bahan ajar tersebut valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Eliciting Activities, Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:23 | ||||||
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:23 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1000 |
Actions (login required)
View Item |