Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI WILAYAH KOTA DAN DESA

RINAWATI, Rinawati (2021) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI WILAYAH KOTA DAN DESA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (868kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.docx - Published Version

Download (34kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Rinawati-40217015-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran yang dilakukan secara daring yang diterapkan pada sekolah di desa maupun di kota, dalam penerapan pembelajaran daring menimbulkan problematika bagi seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesulitan yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SD Negeri Ajibarang Kulon dan SD negeri 3 Cilangkap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penerapan pembelajaran daring pada sekolah yang letaknya dikota, pada tahap perencanaan guru mengalami kesulitan ketika menentukan jenis penilaian dan pembuatan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru mengalami kesulitan ketika ketika proses absensi berlangsung dan ketika menjelaskan materi pembelajaran. Pada tahap evaluasi guru mengalami kesulitan ketika menentukan batas waktu pengumpulan tugas.Dan untuk dalam penerapan pembelajaran daring pada sekolah yang letaknya didesa, pada tahap perencanaan guru mengalami kesulitan pada saat mempersiapkan materi bahan ajar. Pada tahap pelaksanaan guru mengalami kesulitan ketika proses absensi dan akses jaringan internet. Pada tahap evaluasi guru mengalami kesulitan ketika menentukan waktu pengumpulan tugas dan akses jaringan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWINARTO, WinartoNIDN0612118801
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Guru, Pembelajaran Daring, Desa dan Kota
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru

300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:15
Last Modified: 21 Sep 2022 04:15
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1009

Actions (login required)

View Item View Item