Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19DI SDN MENDALA 03 KECAMATAN SIRAMPOG

NISA, Fatimatun (2022) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19DI SDN MENDALA 03 KECAMATAN SIRAMPOG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-Fatimatun NISA-40217049-2022.pdf - Accepted Version

Download (256kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Fatimatun NISA-40217049-2022.docx

Download (22kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Fatimatun Nisa-40217049-2022.pdf - Accepted Version

Download (37kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Fatimatun Nisa-40217049-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Fatimatun Nisa-40217049-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Fatimatun Nisa-40217049-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Fatimatun Nisa-40217049-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Fatimatun Nisa-40217049-2022.pdf - Accepted Version

Download (20kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Fatimatun NISA-40217049-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-FATIMATUNISA-40217049-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang biasa terjadi ialah secara tatap muka antara guru dan siswa, tetapi berbeda pada masa pandemi covid-19 seperti ini, pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Belajar dari rumah menuntut orang tua untuk mendampingi proses pembelajaran, agar anak tidak ketinggalan dalam proses pembelajaran dan orang tua lebih mengetahui proses pembelajaran pada anaknya. Peran orang tua merupakan tingkah laku yang dilakukan oleh ayah dan ibu untuk mempertanggung jawabkan bersama-sama dalam menjalankan kewajiban untuk mengetahui tentang peran orang tua dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 Penelitian ini penggunakan jenis penelitian kualilatif dengan pendekatan menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi, sedangkan pada analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pada peran orang tua terhadap pembelajaran anak pada masa pandemi covid-19 adalah peran orang tua sebagai fasilitator telaksana, dengan memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh anak untuk sekolah seperti buku tema, buku tulis, tas, seragam dan lain sebagainya. Kemudian peran orang tua sebagai motivator sudah terlaksana, terdapat motivasi seperti perhatian dan hadiah yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya agar lebih semangat dan giat dalam belajar jarak jauh. Kemudian peran orang tua sebagai pengganti guru atau pendidik sudah terlaksana, seperti mendampingi pembelajaran daring, pemberian jadwal belajar di luar jadwal sekolah, serta memahami kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring sehingga membuat orang tua mudah mendampingi dalam pembelajaran anak pada masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAHRO, Umi ChabibatusNIDN0609019001
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Peran Orang Tua, Pembelajaran Anak
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Editor Repository
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:42
Last Modified: 13 Dec 2022 04:42
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item